wartawan kontributor,si militan yang gak dianggap ada ples sering dibilang wartawan dekil

IMG00487-20120614-1428

tangerang 05-02-2015

balik lagi fren dengan gw david beckham,sekarang gw lagi mau coba nulis yang rada serius menyangkut suatu profesi yang sejak 4 tahun terakhir gw tekunin.yakni wartawan kontributor di salah satu stasiun televisi nasional yang umurnya baru sekelas anak PAUD.

wartawan kontributor,apa sih wartawan kontributor?lu tau?kalau di google sih ya gak ada yg secara jelas jelasin definisi dari wartawan kontributor,paling paling juga lu nemu kaya gini “orang yang bekerja sebagai wartawan lepas di perusahaan media massa yang terikat kontrak eksclusive selama beberapa waktu dan dapat diperpanjang untuk mengirim dan membuat hasil karya hanya untuk si perusahaan tersebut,tanpa ada hak hak yang sejajar dengan karyawan seperti fasilitas peralatan,operasional,tunjangan kesehatan,asuransi,dan tanpa ada gaji pokok!!!

tapi gw kasih contoh umumnya,gw wartawan kontributor tv,tugas gw mencari dan membuat berita termasuk ambil gambar video,bikin naskah dan editing sederhana,gw gak punya gaji pokok,gw dibayar per berita tayang “berapa bayaran perberita tayang?” biasanya sih 250-350 ribu,tergantung stasiun tv masing masing,gw dikontrak selama satu tahun dan terus menerus diperpanjang sampe sekarang udh tahun ke empat tanpa ada jenjang karir,operasional gw pake kendaraan sendiri,peralatan gw pake punya sendiri,karena peralatan dan kendaraan gak difasilitasin,tunjangan kesehatan gw dikasih dalam bentuk asuransi,kebanyakan kontributor lain gak punya tunjangan kesehatan atau asuransi jiwa,gw dapet thr tiap tahun tp nominalnya kecil,gak sampe satu kali gaji umk,gw dikasih id card dan seragam tv tempat gw bekerja.gw gak perlu dateng kekantor untuk absen

lu bayangin,sedih gak?sedih ya,,tapi buat gw sih gak sedih sedih amat,dari honor gw sebagai kontributor kebutuhan pokok gw tercukupi lah,buat hura hura juga cukup,buat bermewah mewah ya bisa juga lah.

yang pengen gw ceritain disini bukan keterbatasan seorang kontributor berdasarkan hak yang diperolehnya,tapi gw pengen cerita gimana kontributor itu sebuah bagian kecil dari sebuah sistem besar,yang kalau di ibaratin spare parts motor,kontributor itu  gak lebih dari handle gas,sepele tapi penting posisinya,motor kalau gak ada handle gas gimana coba,,bisa jalan?bisa tp didorong,cape!!!

terus gw pengen memperkenalkan bahwa kami (para kontributor) itu ada,dan menghasilkan sesuatu yang nyata,,jadi lu pd jangan lagi mikir  wartawan itu ada dua, wartawan keren dan wartawan dekil, tapi wartawan reguler dan wartawan konrtributor yak frenn…

lu kira kalau lu nonton berita kerusuhan,tawuran,kecelakaan,penggerebekan,penangkapan teroris,banjir bandang,gempa bumi,tsunami aceh,itu yg pertama kali ngeliput ples ngeberitain itu wartawan kece kece yang pake seragam,kamera gede plus pake mobil satelit?kagak!!kontributor frenn!

lu kira kalau kpk mau geledah rumah tersangka korupsi yang disuruh liputan itu wartawan keren yang berseragam ples disupirin?kagak frenn,kontributor yang disuruh karena mobilitas kami yang tinggi dan bisa sampe ke tekape dengan cepat,begitu kontributor udah dapet gambar yang diperluin plus data,baru deh dikirimin tim reguler,yaiutu wartawan yang keren keren itu loh,yang kalo pake seragam kantornye udh berasa kek artis..

lu gak tau kami ada,tapi kami tau lu nonton berita hasil kerja keras kami yang kadang mesti bertaruh nyawa buat dapetin itu gambar yang paling lama cuma 2 menit setelah diedit yang lu liat di tv.

lu bayangin,buat ukuran kota jakarta aja,yang hampir semua stasiun tv nasional kantornya di jakarta,mereka punya 7 kontributor,cuma untuk wilayah jakarta!kenapa mereka butuh 7 kontributor cuma buat di jakarta,jawaban satu,kecepatan dan penguasaan wilayah,penguasaan itu termasuk koneksi narasumber,pengetahuan kondisi sosial daerah,tau seluk beluk jalan,dan yang penting dia tau potensi kota nya.

terus lu kira gw sedih karena gw gak dikenal ?nggak,gw bangga! gw sedih kalau ada orang yang ngeliatin gw dengan pandangan aneh seakan akan dalem hatinya dia bilang gini ” wartawan mana si nih dekil banget,kok bisa bisanya orang model begini ngaku ngaku jadi wartawan.

sebelom lu ngejudge gw dengan kata kata “lu kan wartawan,yang rapihan dikit kek” gw jelasin nih,kerjaan kontributor itu gak ada jam kerjanya fren,kami standbye 24 jam sehari 7 hari seminggu 30 hari sebulan 12 bulan setahun,”gak punya libur dong?” punya,tapi harus izin cuti dulu.wilayah kerja kami mencakup satu kota atau lebih,wilayah kerja gw sendiri mencakup 3 kota : kota tangerang,kota tangerang selatan,kabupaten tangerang,luas kan…

nah soal pakaian,gw milih pakaian dari badan sampe kaki gw milih yang nyaman dan fungsional,biasanya gw pake kaos warna hitam atau kemeja sesekali,celana gw milih blue jeans biar gak terlalu keliatan kalau kotor,karena gw bisa gak pulang sampe 3 hari,sepatu gw milih sepatu cassual kanvas atau sepatu gunung biar enak,kalau buat jalan jauh telapak kaki gak sakit

sebenernya sama aja kan kaya yg lu pake sehari hari? perbedaannya disini,wilayah kerja gw 3 kota yang dari satu titik liputan ke titik liputan lainnya tuh kadang sampe 70 km,lu kebayang 70 km gw sikat naek motor mau panas atau hujan,siang atau malem,macet atau lancar.gw berangkat ganteng kek charlie st12 sampe lokasi liputan gw bisa berubah jadi jelek kek dude herlino fren.

belum lgi kalau gw mesti nge follow up terus berita yang lagi hot dan tekape nya jauh,bisa berhari hari gw gak pulang,tidur dimana aja jadi,mandi seketemunya kamar mandi,makan?makan ya makan aja frenn,urusan perut masih aja nahan nahan.

hal hal diatas ITU YANG BIKIN GW JADI DEKIL!!!,terus kalau gw dekil lu bisa ngerendahn gw?ah kamera lu kecil kek maena maenan beli di SD,,,gw pake handycam kecil karena gampang dibawa bawa,gampang diumpetin kalau lg liputan yang beresiko,plus kalau rusak gw gak rugi rugi amat,karena kerusakan alat gak ditanggung kantor,apa yg lu punya tp gw gak punya?pendidikan?jangan ngomong,gaji lu kecil?kalu lu manager gaji lu 7 juta,gw bayarin sini gaji lu,mobil?lu ngerendahin gw gegara lu naek mobil sedangkan gw naek motor?gw punya frenn,cuma gak efisien kalau gw liputan pake motor.muka jelek?yah muka mah bawaan lahir bego jangan diomongin

Iklan

4 comments

  1. Wahyu Sikumbang · Februari 5, 2015

    Terimakasih frenn..
    Unek2 gue banget ni tulisan… Kerennnn…..
    Dari kontri Bukittinggi.

    Suka

  2. Meta Athena · Februari 6, 2015

    Santaiii bro, gw jg wartawan, paham lah

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s