ANTARA AKU MUSIM HUJAN PILGUB DAN JESSICA

 

img_20161229_152749

 

Kalo lu pada kangen sama gw si dapit bekam dan kangen baca tulisan gw yang kagak ngikutin kaedah bahasa indonesiah yang baik dan benar,yaudah lu share aja semampu lu,kalo lu mampunya baca doang juga gak apa apa.gw bukan orang yang haus akan perhatian kok.gw udah keren jd gak perlu bantuan lu pada buat tambah keren.

Sekarang ini lagi musim ujan,musim pilgub dan yang pasti musim sidang jessica,,buat kontributor kaya gw ketiga musim ini sangat berpengaruh dengan kehidupan gw frenn.

Yang pertama,musim ujan,,yang pertama kenapa gw bilang musim ujan berpengaruh sama hidup gw??yakni karena musim ujan identik dengan banjir,seperti yang lu tau,,gw ini kontributor tv swasta untuk wilayah tangerang,dan lu tau juga tangerang itu dilewatin oleh dua kali yang sangat terkenal denga kemampuannya membuat bencana alam,yakni kali angke (anak kali angke) dan kali ciliwung.

Kedua kali ini acap kali,sering kali,kerap kali,hampir pasti mampu membuat ratusan rumah bahkam ribuan rumah kerendem banjir sampe ketinggian yang bisa bikin lu ilang ambekan *baca kelelep alias tinggi bener banjirnya.

Nah buat kontributor kaya gw banjir itu waktunya gw memupuk pundi pundi beritaa yang mana berita itu bisa gw konversi menjadi uang melalui rekapan tayang.

Bukannya gw seneng kalau ada banjir sih frenn,tapi seenggaknya kalau ada hal yang menjadi musibah buat orang lain alangkah baiknya itu juga bisa menjadi pintu rejeki buat seseorang seperti gw.inget loh,,,gw gak nyumpahin supaya banjir,suerrr fren maca cik donny oong.

Yang kedua musim pilgub,,nah ini frenn,,musim pilgub bisa juga jadi sesuatu yang membahagiakan buat gw,,pilgub itu kan pesta demokrasi dalam skala provinsi,sekarang kan yg musim itu musim pilgub dki jakarta sama banten.

Nah jadi berita apapun yang berhubungan dengan pilgub itu menarik frenn buat diberitain,kalo ngomomg berita kan erat hubungannya sama gw,makin banyak berita tayang makin banyak juga rejeki yang gw bisa bawa pulang buat keluarga buat pacar dan buat hura hura barenf kawan kawan gw,sebut sajah namanya ardi prasenonoh,prasetyo yang gak setyo,rizki kiting yang pasrah banget kalo dicepoain sama mas perdih gondrong.

Pilgub juga saatnya bagi wartawan wartawan kurang sejahtera yang haus akan materi untuk memupuk pundi pundi uang.bukan dengan cara cara yang telah ditentukan.

Yang ketiga adalah antara lain dan tak bukan last but not least ialah musim sidang jessica.

Secara rating sidang jessica ini mampu menyedot banyak penonton frenn,banyak penonton berarti rating naik,rating naik berarti marketing perusahaan media bisa jualan kepada pengiklan fren yang berujung pada masuknya pemasukan kepada rekening perusahaan,kalau rekening perusahaan gemuk berarti gajian gw gak telat lagi frenn (alhamdulillah).

Tapi drama sidang ini juga juga berimbas pada pemasukan bagi kontributor seperti gw.

Sebab apa??sebab kalau sidang jessica rata rata tv nasional pasti menyiarkannya secara live,dan durasinya itu gak tanggung tanggung,bisa dari pagi sampe malem,dan kontributor kek gw kan gak mungkin punya alat liv frenn,yg punya itu kantor gw dan kantor gw pasti nyuruh tim reguler yang buat live,,imbasnya berita dari kontributor seperti gw pasti di skip dulu frenn,karena keperluannya adalah show sidang jesikah, berarti berita gw kecil kemungkinan buat tayang,k ecil kemungkinan buat tayang berarti kecil juga kemungkinan pundi pundi uang gw bertambah pada tanggal dua lima,tp alhamdulillah sih waktu waktu kek gini bisa gw manfaatin buat libur,istirahat atawa pacaran.inget frenn rejeki itu bukan cuma uang,waktu buat orang orang terkasih juga rejeki loh buat orang seperti gw.

Oiak nama gw dapit bekam aka donny danger aka donny havock aka donny adistian aka anak muda pada umumnya

*Guah,bandel tapi bener

Iklan

sedih

saya lagi sedh

saya diputusin pacar

saya kan juga manusia

udah gitu aja

wartawan gak seperti yang anda bayangkan teman

24511_1197113342787_1677101930_385473_7049325_n gw lagi jadi anak muda pada umumnya

JURNALIS atau WARTAWAN,,,kalo lu tanya apa yang ada dipikiran lu kalo inget soal jurnalis…yang paling pertama pasti berita,kedua pasti yang keren,yang ketiga pasti anti tilang

yapyap semuanya bener..tapi gak sepenuhnya bener

yang pertama,berita : tugas pokok yang pertama ini past ini,,mencari informasi mengumpulkan data dan meyusunnya hingga menjadi sebuah berita,bukan nulis berita bukan nyari berita,karena berita itu gak ilang jadi gak perlu dicari,bukan nulis berita karena  wartawan ada yang gak nulis,contohnya kameramen,tapi doi tetep maunya dipangil wartawan,,agak sedikit membingungkan sih ya.

yang kedua,pekerjaan keren : ini juga bener,jadi jurnalis emang keren,,lu dipandang pinter,tau semua hal,bisa berada deket deket sama orang golongan satu (artis,presiden,menterih,orang terkenal laennya dah pokoknyah),bisa kerja pake seragam tapi pake celana jeans belel,bisa gondongin rambut,siapa sih  yang ga berasa keren pake seragam stasiun tv ngalungin id card dan menyandang gelar wartawan,pokonya kalo lu nganlungin id card yang tulisannya press atau pers berasa pundak lu naek 3 centi dah (supir stasiun tv aja banyak yang bikin id card wartawan sendiri,kenyataan ini frenn),,,,tapi masih banyak dluar sana wartawan yang dongo,yang taunya cuma muji muji supaya dikasih duit gocap atau cepe,yang taunya cuma kalau ada nangis nangisnya pasti tayang di tv,yang taunya kalau cuma diundang liputan pasti ada absennya,yang taunya cuma moto tapi gak bisa bikin caption,yang taunya kalo udah megang kamera semua orang takut sama dia,masih banyak wartawan dongo yang bawa bawa koran atau tabloidnya buat diunjukin ke camat camat atau lurah bahkan walikota (bodrex,bacanya “wartawan yang sering bikin orang sakit kepala”)biar diaksih duit ongkos cetaknya,itu doi wartawan apa loper koran sik.masih banyak wartawan yang gak bisa bedain profesi wartawan sama  profesi pencari iklan.

yang ketiga,anti tilang : nah ini nihhhh yang rata rata ada di otak orang orang..wartawan anti tilang,mao dia gak punya sim kek,pajak stnk nya mati 20 taun kek,motor ato mobilnya gak pake kaca spion kek,naek motor gak pak helm kek,hee..bener sih rata rata kita emang gak ditilang,tapi kalo lu ngelakuin yang diatas tadi,diberentiin polisi mah pasti (ditilangnya sangat jarang)..kecuali lu cukup pede dan norak nempelin stiker gede di mobil atau motor lu yang bertuliskan pers (mirip orang norak yang nempelin stiker polisi/tni atau perbakin) hahahahaha,norak!!! pengen banget emang semua orang tau

PERCUMA LU JAGO NULIS BERITA KALO TULISAN LU CUMA BUAT MERES ORANG!!

PERCUMA LU KEREN KALO PAS WAWANCARA KELUARGA KORBAN KECELAKAAN ATAU KORBAN LAIN LAINNYA, YANG BISA LU TANYA CUMA GIMANA PERASAANNYA PAK ATAU BU ATAU MBA ATAU MAS!!

PERCUMA LU MASANG STIKER PERS DI MOTOR/MOBIL CUMA BIAR GAK DITILANG!!

PERCUMA LU DAPET APA APA GRATISAN KALO UJUNG UJUNGNYA LU JUAL NAMA “WARTAWAN”

ini nih kadang kadang yang bikin gw pengen berenti dari nih kerjaan,,enek dengan semua kepalsua *ciailah..”KAMI GAK SEMULIA YANG ANDA BAYANGKAN”

kami gak mulia lohh…kami masih bisa ketawa cekikian waktu liputan duka cita,kami kadang gak mau dateng ke undangan liputan kalau tau gak ada duit “jale” nya,kami kadang suka mukulin maling waktu abis ditangkep,kami kadang sering ngompor ngomporin pulisi buat nembak pelaku kriminil,kami kadang suka minta miras hasil razia *kadang kadang,dan gak semua wartawan begini

tujuannya apa gw nulis kayak gini,,gak ada sih,,cuma mau bilang aja,,semua pekerjaan itu mulia selama halal,tergantung pribadi orangnya masing masing.

terus lu mao protes kenapa gw cerita jeleknya wartawan? ya suka suka gw,blog blog gw.terus lu mao bilang lagi,kan lu wartawan?terus kenapa emang kalo gw wartawan.gw juga gak bener bener banget jadi orang,rata rata yang diatas gw lakuin juga,,,pliss deh jangan anti kritik jadi manusia,kalau salah akuin aja salah.

gw gak pernah banggain gw wartawan,gw bangga karena gw masih bisa ngejaga kredibilitas gw sebagai itu,gw cuma ANAK MUDA PADA UMUMNYA KOK,yang kebetulan kerja jadi wartawan.

LU GAK USAH BANGGA JADI WARTAWAN SOK SOK AN BIKIN STATUS BBM MIKIRIN NEGARA,SOK SOKAN SOK FILOSOFIS,SOK SOK AN SOK IDEALIS,IDEALISME BUKAN BUAT DI SOK SOKIN,tapi BUAT DILAKUIN,BUAT DIJALANIN,NEGARA GAK USAH DIPIKIRIN,GAK USAH SOK FILOSOFIS KALO LU CUMA NGUTIP DARI BUKU ATAU FILM YANG LU BACA ATAU TONTON,TOD LUH!!! INI TULISAN BUKAN BUAT NYINDIR LU,TAPI BUAT NYINDIR GW JUGA,,JADI GAK USAH PADA KEPEDAN

*NIH KUTIPAN GW, “LU CUMA BOLEH BANGGA KALAU UDAH NGELAKUIN HAL YANG BAIK,HAL YANG BENER,” oia satu lagi lu boleh bangga KALO UDAH BISA BAHAGIAN ORANG TUA

udah yak,gw mao tidur,,pusing pala kena anggur putih

beban sosial profesi wartawan

IMG-20120816-00398

HALO FRENN…lama saya tak terdengar suaranya.maklum lah,belom dapet mood yang enak buat nulis

ni malem dingin banget ujan dari sore,,gw baru kelarin tugas gw ngirim gambar sama ngirim naskah banjir di cileduk brengsek siti,dengan ditemenin rokok yang tinggal empat batang, dan tanpa kehadiran si kopi yang lagi absen dulu..gw mao cerita lagi soal pengalaman liputan gw tadi siang.

liputan apaan si sampe mao diceritain ke orang orang segala,,,lebay beudd luh don!!

gini frenn,tadi siang gw liputan penggeledahan rumah terduga simpatisan isis (islamic state of iraq and syria)  berinisial M-F di kecamatan setu,tangerang selatan..gw anggap pembaca gw dah pinter semua jadi gw gak perlu lagi jelasi isis itu apaan,buang buang waktu gw,ntar keburu mood gw ilang lagi berabe.

gw tadi nyampe tkp penggeledahan  telat frenn,sampe sana udah mulai penggeledahannya jadi gw gak sempet tau gimana itu densus lapan lapan masuk kerumah dengan cara gimana.

yang digeledah itu rumah si inisial M-F,orang yang dibilang ama pulisi sebagai orang yang bertugas melakukan perekrutan dan pembinaan simpatisan isis yang bakal dikirim ke irak ama suriah.oia doi juga dibilang sebagai orang yang mengupload video pelatihan menembak anak anak oleh isis ke youtube.

mf ini udah dua tahun tinggal di kecamatan setu tangerang selatan,doi tingga sama istri plus empat orang anaknya.

setelah selesai liputan sambil leye leye diwarung si mpok endah sambil minum es teh manis,gw coba ngeriview gambar yang tadi gw ambil di tambah gambar amatir dari salah seorang temen,ternyata gambar gw masih ada yang kurang karena gw sampe tekape telat,gw gak ada wawancara dari keluarga si terduga simaptisan isis ini..nah setelah densus lapan lapan cabut dan garis polisi udah dilepas gw berinisiatif ngelengkapin gambar gw dong,gw nyoba balik lagi kerumah yang tadi digeledah bareng sama  wartawan online buat wawancara keluarga,,niatnya sih biar dramatis gitu,tapi gw salah!!

(permasalahan dimulai dari sini)

gw berdua sama anak wartawan lokal nyoba manggil penghuni rumah,,gw bilang assalamualaikum sambil ngelongok kepintu yang kebuka,ternyata ada dua orang anak perempuan si M-F yang lagi makan nasi bungkus sambil duduk deprok.

tuh anak perempuan yang paling gede umur sembilanan taun jawab salam gw terus nyamperin kedepan pintu nanyain mau ngapain sambil melotot gitu frenn…mengerikan anak umur sembilan taun tatapannya kaya gitu,terus gw bilang wartawan,mau ketemu ibu ada?dia jawab sebentar terus doi langsung nutup pintu gitu.

dari matanya keliatan banget tuh anak benci banget frenn ama wartawan,tapi doi tetep berusaha jawab salam gw.

setelah pintu ketutup,gw coba ketok tuh pintu,,terus yang keluar bapak bapak,kayanya sih itu sodaranya si M-F,langsung anak online lokal yang tadi ama gw bilang,permisi pak,,mau wawancara sebentar,,si bapak jawab sopan tapi dengan muka tegas,maaf mas nanti yah kita masih suasana sedih dan bingung,,terus si anak online bilang lagi sebentar aja pak dikit doang kok,,nah si bapak jawab lagi dengan nada yang tinggi,,iyah saya juga butuh waktu sebentar sama keluarga jangan diganggu dulu,,si anak online ini mau jawab lagi..tapi sebelom tuh omongan keluar dari mulut,pundak doi gw tepok,,gw bisikin udah ayo biarin aja,negrtiin aja kita…

akhirnya gw ngelangkah pergi dari ntu rumah,tapi sepanjang jalan kaki gw mikirin maksud dari tatapan tuh anak kecil perempuan tadi.

yang ada di otak gw tuh,,itu tatapan benci,,ibaratnya doi pengen ngomong tai anjing babi ngentot ke gw  karna gw balik lagi kerumahnya,tapi doi gak bisa,karna doi cuma anak kecil,,akhirnya doi cuma bisa melototin gw doang terus nutup pintu.

gw sih maklum karena tuh anak kecil baru aja ngeliat rumahnya digeledah paksa ama polisi yang nangkep bapaknya seakan akan bapaknya adalah monster musuh ultraman yang harus dimusnahkan dari muka bumi plus wartawan yang ngeberitain bapaknya dengan stigma negatip dengan bebasnya juga ikut ikutan masuk kerumahnya,sementara doi sama ema dan adenya ketakutan karena banyak polisi bawa senjata kek mau perang,plus malu karena rame banyak tetangga tetangganya yang juga pada nontonin

gw jadi mikir frenn,apa ia anak sekecil itu harus dipermalukan jadi tontonan dan diperlakukan seperti itu atas  perbuatan bapaknya yang belum tentu terbukti bersalah,bisa bisa nanti kalo dia gede dia bisa punya dendam tersendiri terhadap kita kita para jurnalis yang kadang tak beretika!!

gw sadar,,ada yang salah nih sama kita para wartawan dan para polisi khususnya densus delapan delapan dalam situasi kaya gini.

itu tadi kan bukan penggerebekan,tapi cuma penggeledahan rumah..gak perlu lah pake senjata lengkap kaya mau perang,apalagi itu dirumah isisnya cuma ibu ibu sama anak kecil.

udah gitu polisi juga lebay,ngajak ngajak wartawan kaya sengaja banget biar diberitain,,soalnya tadi pagi sebelom penggeledahan gw dapet bbm dari temen yang isinya,bagi temen temen wartawan yang mau ikut penggeledahan rumah terduga anggota isis,bisa ikut bareng bareng dari polda metro jaya.

ckckckckc gileee benerrrr

disatu sisi itu berita menarik karena isis lagi rame ramenya sekarang,apalagi buat wartawan kontributor kaya gw gini,berita berita gitu tuh kaya kacang goreng,pasti tayang.tayang berarti pendapatan gw bertambah.siall !!!,kapitalis banget gw rasanya,mengesampingkan nilai nilai kemanusiaan dalam diri seorang saya demi uang 275 ribu,

berat frenn nanggung beban sosial kaya gini

WARTAWAN VS KORLIP

POTO GW WAKTU LAGI TUGAS FRENN

POTO GW WAKTU LAGI TUGAS FRENN

“KORLIP” apa itu korlip? siapa dia? makhluk apa dia? termasuk dalam genus dan spesies apa itu korlip? kok bisa bisanya tega sekali sama kita para wartawan..HAHAHAHAHAHA

korlip itu orang yang bertanggung jawab mengatur pergerakan tim peliputan setiap hari nya,tim peliputan itu termasuk semuanya frenn,ada reporter,kameramen,kurir,sopir,dll.doi juga orang yang bertugas mastiin agenda setting hasil rapat redaksi pada malam hari bisa terlaksana dengan baik,dan terkonversi menjadi berita yang syarat informasi dan menguntungkan si empunya perusahaan,,heee

Kalau lu wartawan tapi belom pernah di telpon sama makhluk satu ini,berarti ada yang salah frenn dengan status ke wartawanan lu,,”kok salah?” yaiyalah,kurir aja sering di telpon ama doi masa lu kagak,,doi kan kordinator liputan yang hobinya ngasih kita perentah lewat telp atau email plotingan yang kadang kadang dengan disertai rasa pura pura gak enak waktu nyuruhnya.

lu mesti waspada frenn kalau ada korlip tiba tiba nelp lu nanya lagi dimana,trs nanya kapan ada waktu senggang mau ngobrol berdua,,pasti ada maunya tuh,,,gak jauh jauh,pasti maunya soal urusan birokrasi entah minta bantuan bikin pasport,sim,ngurus ktp,atau ngambil stnk/sim yang ditilang pulisi..kalau bukan salah satu dari itu,mungkin itu korlip ada rasa sama lu frenn,hahahahah.

selain pacar atau istri,korlip merupakan satu satunya orang yang rela nelponin kita sampe bangun ditengah malem cuma buat ngasih tau hal yang sangat romantis “udh tidur?ada kebakaran tuh di anu,,,ambil yak buat berita pagi” hahaha syittttt lagi lagi gw pengen ketawa frenn kalo ngebayanginnya.

se jagoan jagoannya lu hei para wartawan kalo di tkp,yang ngaku udah ce’es kentel sama kapolsek,kapolres,kapolda,kapolri,kepala dinas,walikota,bupati gubernur dan lain lain yang kalo ngomog udah lu gua aja,..tetep aje lu pasti kalo ngangkat telpon dari ni orang (korlip) pasti ngangkatnya dengan penuh kepasrahan,ngomongnya pun saya-mas,atau saya-mba,sambil ngedumel dalem ati “ngapain sih ini korlip nelpon,pasti nyuruh liputan nih,,pasti mau nanyain update kasus yang kemaren nih,pasti pasti dan pasti pasti lainnya” ya kan?ngaku aja udah..paham gw ama lu pada yang manis dimulut doang kalo ditelpon kolrip,soalnya gw kadang jg gitu.hahahha.

korlip itu ada berbagai macam dan jenisnya frenn,,tapi disini gw pengen jelasin beberapa aja,yaitu ;
1.korlip sok asik : ini merupakan korlip yang ketika nelpon kita dengan gaya sok asik,sok kenal,sok ce’es,sok akrab tapi ujungnya tetap aja nyuruh nyuruh juga,hahhahaha.
contohnya kalo nelpon selalu dibuka dengan basa basi “eh don,lagi dimanan lu?lagi asik pacaran nih kayanya,cie cieee,,,|dibandara ada penumpang terlantar tuh pesawatnya delay,kejar yak buat berita malem.tutututututtttttttt telponnya langsung mati.

2.korlip type oldschool : ini merupakan type type korlip yang umumnya ada pada jaman dulu,yaitu jaman ketika tipi baru ada escetepeh,ercetei,endosiarrr,tepei,dan tepeeri. ini adalah typ korlip yang bikin lu sakit hati,,karena kalo nyuruh gak pake basa basi dan gak butuh jawaban dari lu sanggup apa kagak.
contohnya begini ; “kpk mau tangkap tangan di mampang,tkp nya belom jelas” udah gitu doang langsung dimatiin telponnya abis itu,lu gak dikasih kesempatan bilang lu lagi ngapain atau nanya info lengkapnya

3.korlip ribet : in merupakan type korlip yang kalo nyuruh lu suatu liputan sederhana,contohnya adalah liputan harga tempe naik tapi gaya ngomongnya seakan akan liputan tersebut merupakan liputan yang sangat penting,dunia akan kiamat kalau lu gak ngerjain itu liputan.ples lu akan terus digangguin ama doi dengan bunyi telpon tiap lima menit sekali buat nanyain perkembangan liputan,dan itu gak akan berhenti sampe gambar ples naskah lu kekirim frenn,hahahaha.

tapi dari semua hal diatas,korlip merupakan orang yang paling berjasa buat kita frenn,terutama kontributor kaya gw,, kan tugas korlip juga nawarin berita hasil liputan gw ke produser supaya bisa ditayangin,kalau tayang kan gw dapet duit,,makasih korlip!!!mmmuaachhhh.

korlip merupakan orang yang paling kita sebel sekaligus kita kangenin frenn sebagai seorang wartawan…sebel kalo korlip nelponin mulu ngasih tugas liputan yang nggak nggak,kangen kalao hari lagi sepi,sama sekali belum liputan udh seminggu,lu pasti kangen telp dari korlip yang isinya nyuruh nyuruh lu liputan manja.

gw pernah punya pengalaman seru frenn ama korlip,,gw disuruh liputan tersangka korupsi yang kabur keluar negeri infonya bakal dibawa pulang ke indonesia naek pesawat carteran via bandara soetta,setau gw kalo pesawat carteran kan gak boleh via bandara soetta,tapi nih korlip tetep maksa supaya gw kebandara mantau itu koruptor.

lu bayangin frenn,bandara soekarno hatta seluas apa?terminalnya aja ada 3,belom pintu kedatangannya yang ada 7 pintu,sedangkan gw cuma sendirian,,,mission impossible ini sih.tapi itu tetep gw lakuin frenn,gw nungguin itu koruptor dari jam 6 sore sampe jam 11 malem,sendirian!gak ada wartawan laen cuma gw sendirian,jamuran jamuran dah tuh gw dbandara.

tp mau gimana lagi,perintah korlip adalah perintah tuhan,,kalo gw ngebantah perintah korlip sama aja gw desersi kalau di TNI,hmmm syitt banget kan,udh tau infonya gak a1 tp gw mesti tetep ngejalanin.

sekian dari gw,ini gw tulis disela sela waktu senggang gw yang gak sholat jumat dan gak liputan gegara lagi meriang.

wartawan kontributor,si militan yang gak dianggap ada ples sering dibilang wartawan dekil

IMG00487-20120614-1428

tangerang 05-02-2015

balik lagi fren dengan gw david beckham,sekarang gw lagi mau coba nulis yang rada serius menyangkut suatu profesi yang sejak 4 tahun terakhir gw tekunin.yakni wartawan kontributor di salah satu stasiun televisi nasional yang umurnya baru sekelas anak PAUD.

wartawan kontributor,apa sih wartawan kontributor?lu tau?kalau di google sih ya gak ada yg secara jelas jelasin definisi dari wartawan kontributor,paling paling juga lu nemu kaya gini “orang yang bekerja sebagai wartawan lepas di perusahaan media massa yang terikat kontrak eksclusive selama beberapa waktu dan dapat diperpanjang untuk mengirim dan membuat hasil karya hanya untuk si perusahaan tersebut,tanpa ada hak hak yang sejajar dengan karyawan seperti fasilitas peralatan,operasional,tunjangan kesehatan,asuransi,dan tanpa ada gaji pokok!!!

tapi gw kasih contoh umumnya,gw wartawan kontributor tv,tugas gw mencari dan membuat berita termasuk ambil gambar video,bikin naskah dan editing sederhana,gw gak punya gaji pokok,gw dibayar per berita tayang “berapa bayaran perberita tayang?” biasanya sih 250-350 ribu,tergantung stasiun tv masing masing,gw dikontrak selama satu tahun dan terus menerus diperpanjang sampe sekarang udh tahun ke empat tanpa ada jenjang karir,operasional gw pake kendaraan sendiri,peralatan gw pake punya sendiri,karena peralatan dan kendaraan gak difasilitasin,tunjangan kesehatan gw dikasih dalam bentuk asuransi,kebanyakan kontributor lain gak punya tunjangan kesehatan atau asuransi jiwa,gw dapet thr tiap tahun tp nominalnya kecil,gak sampe satu kali gaji umk,gw dikasih id card dan seragam tv tempat gw bekerja.gw gak perlu dateng kekantor untuk absen

lu bayangin,sedih gak?sedih ya,,tapi buat gw sih gak sedih sedih amat,dari honor gw sebagai kontributor kebutuhan pokok gw tercukupi lah,buat hura hura juga cukup,buat bermewah mewah ya bisa juga lah.

yang pengen gw ceritain disini bukan keterbatasan seorang kontributor berdasarkan hak yang diperolehnya,tapi gw pengen cerita gimana kontributor itu sebuah bagian kecil dari sebuah sistem besar,yang kalau di ibaratin spare parts motor,kontributor itu  gak lebih dari handle gas,sepele tapi penting posisinya,motor kalau gak ada handle gas gimana coba,,bisa jalan?bisa tp didorong,cape!!!

terus gw pengen memperkenalkan bahwa kami (para kontributor) itu ada,dan menghasilkan sesuatu yang nyata,,jadi lu pd jangan lagi mikir  wartawan itu ada dua, wartawan keren dan wartawan dekil, tapi wartawan reguler dan wartawan konrtributor yak frenn…

lu kira kalau lu nonton berita kerusuhan,tawuran,kecelakaan,penggerebekan,penangkapan teroris,banjir bandang,gempa bumi,tsunami aceh,itu yg pertama kali ngeliput ples ngeberitain itu wartawan kece kece yang pake seragam,kamera gede plus pake mobil satelit?kagak!!kontributor frenn!

lu kira kalau kpk mau geledah rumah tersangka korupsi yang disuruh liputan itu wartawan keren yang berseragam ples disupirin?kagak frenn,kontributor yang disuruh karena mobilitas kami yang tinggi dan bisa sampe ke tekape dengan cepat,begitu kontributor udah dapet gambar yang diperluin plus data,baru deh dikirimin tim reguler,yaiutu wartawan yang keren keren itu loh,yang kalo pake seragam kantornye udh berasa kek artis..

lu gak tau kami ada,tapi kami tau lu nonton berita hasil kerja keras kami yang kadang mesti bertaruh nyawa buat dapetin itu gambar yang paling lama cuma 2 menit setelah diedit yang lu liat di tv.

lu bayangin,buat ukuran kota jakarta aja,yang hampir semua stasiun tv nasional kantornya di jakarta,mereka punya 7 kontributor,cuma untuk wilayah jakarta!kenapa mereka butuh 7 kontributor cuma buat di jakarta,jawaban satu,kecepatan dan penguasaan wilayah,penguasaan itu termasuk koneksi narasumber,pengetahuan kondisi sosial daerah,tau seluk beluk jalan,dan yang penting dia tau potensi kota nya.

terus lu kira gw sedih karena gw gak dikenal ?nggak,gw bangga! gw sedih kalau ada orang yang ngeliatin gw dengan pandangan aneh seakan akan dalem hatinya dia bilang gini ” wartawan mana si nih dekil banget,kok bisa bisanya orang model begini ngaku ngaku jadi wartawan.

sebelom lu ngejudge gw dengan kata kata “lu kan wartawan,yang rapihan dikit kek” gw jelasin nih,kerjaan kontributor itu gak ada jam kerjanya fren,kami standbye 24 jam sehari 7 hari seminggu 30 hari sebulan 12 bulan setahun,”gak punya libur dong?” punya,tapi harus izin cuti dulu.wilayah kerja kami mencakup satu kota atau lebih,wilayah kerja gw sendiri mencakup 3 kota : kota tangerang,kota tangerang selatan,kabupaten tangerang,luas kan…

nah soal pakaian,gw milih pakaian dari badan sampe kaki gw milih yang nyaman dan fungsional,biasanya gw pake kaos warna hitam atau kemeja sesekali,celana gw milih blue jeans biar gak terlalu keliatan kalau kotor,karena gw bisa gak pulang sampe 3 hari,sepatu gw milih sepatu cassual kanvas atau sepatu gunung biar enak,kalau buat jalan jauh telapak kaki gak sakit

sebenernya sama aja kan kaya yg lu pake sehari hari? perbedaannya disini,wilayah kerja gw 3 kota yang dari satu titik liputan ke titik liputan lainnya tuh kadang sampe 70 km,lu kebayang 70 km gw sikat naek motor mau panas atau hujan,siang atau malem,macet atau lancar.gw berangkat ganteng kek charlie st12 sampe lokasi liputan gw bisa berubah jadi jelek kek dude herlino fren.

belum lgi kalau gw mesti nge follow up terus berita yang lagi hot dan tekape nya jauh,bisa berhari hari gw gak pulang,tidur dimana aja jadi,mandi seketemunya kamar mandi,makan?makan ya makan aja frenn,urusan perut masih aja nahan nahan.

hal hal diatas ITU YANG BIKIN GW JADI DEKIL!!!,terus kalau gw dekil lu bisa ngerendahn gw?ah kamera lu kecil kek maena maenan beli di SD,,,gw pake handycam kecil karena gampang dibawa bawa,gampang diumpetin kalau lg liputan yang beresiko,plus kalau rusak gw gak rugi rugi amat,karena kerusakan alat gak ditanggung kantor,apa yg lu punya tp gw gak punya?pendidikan?jangan ngomong,gaji lu kecil?kalu lu manager gaji lu 7 juta,gw bayarin sini gaji lu,mobil?lu ngerendahin gw gegara lu naek mobil sedangkan gw naek motor?gw punya frenn,cuma gak efisien kalau gw liputan pake motor.muka jelek?yah muka mah bawaan lahir bego jangan diomongin

kejar banjir,nyiprat kudapat

IMG_2490

tangerang,01,02,2015

Cerita ini adalah fakta belaka ditambah imajinasi liar seadanya,kalau lu gak percaya ya terserah,hidup hidup gw.blog blog gw.nama gw donny,jangan nanya lengkapnya sedih dah pokoknya kalau gw kasih tau,umur gw 25 tahun,tinggi badan 180cm,berat 60kg.gw anak muda pada umumnya yang nyari duit dengan bekerja sebagai wartawan tv terkemuka dg reputasi internasional.mirip mirip ali topan atau lupus dah gw orangnya.
hari ini gw bangun kesiangan lagi,jam setengah satu siang! gw liat sekeliling kamar dah berantakan bocor sana sini,orang rumah dah pada tereak tereak aja nyuruh kerja,katanya banyak banjr noh!!oia sekarang bulan februari,bulannya ujan musimnya banjir.yaudah akhirnya gw bangun dari kasur gak pake mandi sikat gigi apalagi kutolong ibu merapihkan tempat tidurku.buru buru pake seragam,kaos item sablon band the last resort,celana pendek andelan merk consina yang bahannya cepet kering,jaket harrington ala anak skinhead plus sendal jepit.lu bayangin sendiri dah tuh gimana outfit of the day gw,keren aja dah pokoknya.
gw samber peralatan perang gw yang gak pernah dikeluarin dari tas daypack warna merah,nyalain motor terus gw cabut,tp persoalan dimulai dari sini fren,karena orang rumah gw bilang banyak banjir yang ada di otak gw hari ini gw bakalan liputan banjir,makanya pak celana pendek ples sendal jepit,gw cari cari dtwitter daerah mana aja yang banjir dan ternyata banyak fren,gegaranya ujan dari kemaren gak berenti berenti,bingung gw jadinya mau kemana.gw cek henpon ada bbm, ternyata dari kawan yang isisnya ” kampung dukuh sepatan,tangerang udh banjir noh,kelelep udah” ohsyiiittt bahasanya gawat “udah kelelep”.

ni gw kasih tau kampung dukuh sepatan itu ada dimana,itu tuh daerah gak ada di peta indonesia,adanya cuma didalem peta bajak laut,jauh dah pokoknya..gw mikir mikir lagi tetep kesana apa kagak,kira kira kalau dari rumah gw di daerah kreo atau cry york itu waktu tempuhnya sekitar 2 jam naek motor kesana.akhirnya gw putusin jg berangkat ke itu kampung dukuh,jalanan becek abis ujan memunculkan banyak comberan dadakan,gw kebut motor gw djalanan becek tangerang,kira kir sampe di deket pasar ciledug gw nemu macet fren,ngeselin orang orang pada minggir di jalur kanan karena ada genangan,sialnya ;g gw ada dbelakang motor mas mas jamet yang motornya dipakein kotak amal kanan ama kirinya plus knalpotnya yang nyembul nyembul kemuka gw,aseli ngeselin,mao nyalip gak bisa nunggu dbelakangnya muka gw kaya ditiup tiup ama bigshow smekdon.

setelah bersabar sepulum menit akhirnya lancar juga itu jalan punya negara,tapi lagi lagi itu mas mas motor kotak amal bikin kesel,doi langsung ngebutttt ban motornya nyiprat nyiprat dari sepakbornya yang dipotong cepak alias pendek.motor canggih canggih cakep cakep didesign ama tukang insinyur dari jepang,malah diganti knalpotnya biar bisa niup niup muka orang dibelakangnya.ditambah tambahin kotak amal di kanan kiri,dipotong potongin itu sepakbornya.kan ngehe…semoga doi sadar udh disumpahin banyak orang.

oke lupakan doi,perjuangan gw ke kampung dukuh belom berakhir,,maasih ada jalan panjang penuh lika liku menuju kesana.gw geber lagi motor matic kesayangan smape kecepatan maksimal,60 km/jam! lampu merah satu ke ampu merah yang lainnya,sawah demi sawah gw lewatin,setelah dua jam perjalanan akhirnya sampe jg gw di kecamatan sepatan,kabupaten tangerang,gw tanya sama navigator lokal paling berpengalaman (tukang ojek) ketemu juga akhirnya tuh kampung dukuh,celingak celinguk kanan kiri,jalan pelan pelan…..mana banjirnya????????? gw jauh jauh ujan ujanan becek becek kek kang ojekkk ninggalin peradaban buat kesini,ternyata banjirnya gak ada,udah surutttttt, tahik kadang terjadi!!!! balik ajalah gw ke sekretariat POKJA wartawan tangerang.

gw pun akhirnya menghabiskan sisa jam hari ini dihidup gw di pokja,duduk duduk santai,ngopi,nyender nyenderan,browsing,ntn film di bioskop25,buka twitter liat timeline @pacelakudo,liatin abang abang pengangguran mancing di kali cisadane samping pokja (lebih pengangguran gw padahal dr pada tuh abang abang pemancing)

sekian lah buat hari ini,gw mau nongkrong bareng rajawali dulu fren